Cabut Gigi Sayaa!!!


.

Pernah liat film “Tooth Fairy”? kalo belom, ea udah nggak papa, nanya doank. oke, satu hal dari beberapa hal yang berkesan dari film yang pakek bahasa yang suka boong (tulisan dan bacanya nggak sama), adalah “kalo gigi kamu tanggal, tarok dibawah bantal, maka besok pagi akan berubah jadi uang 1 dolar” 1 dolar getooo…, lumayan kan kalo di-rupiah-in. mungkin suatu saat nanti kalo lagi bokek berat di perantauan, aku bakalan nanggalin gigi-gigiku, kalo masih belom cukup, minjem gigi tetangga. sekalian aja bikin “penggadaian gigi: menerima segala gadai-menggadai gigi”

tapi keadaan bakalan beda banget kalo cabut giginya di dokter gigi. dokter gigi sebenarnya bisa aja jadi orang yang paling kaya sekaligus curang. gimana nggak?  dokter gigi dapet gigi punya kita yang dicabut, nggak dikembaliin lagi. bayangin aja andai sehari dia berhasi mencabut 10 gigi dan narok semuanya dibawah bantal, setahun aja kayae cukup buat beli Avanza baru. belum lagi tarif yang mereka kasih ke pasien-pasiennya. gimana ngggak curang? udah dapet gigi, dapet duit tarif pula. alamaakk..

sudah tau dokter gigi punya banyak keuntungan, kenapa saiia nggak mau milih FKG saat SPMB dulu? jawabannya adalah “karena saia sangat lebih bisa jadi pasieannya”. betul sekali! saia adalah orang yang memiliki masalah dengan benda putih tulang yang nangkring di mulut ini (dan akhirnya akhir-akhir ini saya menyadari keturunan darimana ini.,. heheheheheee)

beberapa minggu terakhir, ada masalah berat di gigiku. oke, memang selalu bermasalah, tapi buat kali ini beda. setiap sikat gigi, keluar darah segar yang kalo sekilas keliatan kayak drakula-wati lagi mupeng. udah gitu, ternyata tumbuh sejenis daging ditengah gigi graham yang berlubang (belakangan aku tau kalo itu gusi, bukan daging yang bisa di panggang).

setelah googling dengan tampang mringis kesakitan, ketemu deh kira-kira apa yang terjadi di gigiku ini. ini kilasan jawaban yang aku dapet dari www.tanyapepsodent.com:
daging yang mumbul di tengah gigi, menunjukkan bahwa syaraf gigi tsb sudah mati. Daging yang tumbuh di tengah lubang gigi atau di pinggir gusi itu disebut polip. Polip adalah tumbuhan berlebih (hiperplastik) yang menonjol dan berasal dari jaringan lendir mulut (gusi) Bila daging besar ini tumbuh dari tengah gigi atau ruang antara dua gigi, biasanya disebut polip. Polip dijumpai pada gigi yang sudah mati syarafnya, dan karena berasal dari ruang pulpa gigi (syaraf gigi) dinamakan polip pulpa. Ada juga jenis polip lain yang berasal dari tepi gusi pada celah antara dua gigi, ini yang disebut polip gingiva.
Bila gigi yang bersangkutan dicabut polip ini ikut hilang. Dalam hal gigi ini sudah terinfeksi, tentu harus diberikan obat anti infeksi terlebih dulu sebelum bisa dicabut.”


jujur, aku nggak baca semua keterangan diatas, tapi ada yang langsung menyita perhatianku, yup! dicabut! sekali lagi, D-I-C-A-B-U-T.. pintar!

sebenarnya bukan masalah andai setelah kata “dicabut” tidak diikuti kata “gigi”, yang langsung kebayang otomatis mulai dari bau “kemenyan” khas dokter gigi, alat-alat serem khas dokter jagal gigi, dan banyak hal lainnya, termasuk… ‘jarum suntik’.

mari kita luruskan satu hal, “saiia tidak takut jarum suntik!” sumpah! aku nggak takuutt. tapi tentu saja aku nggak bisa memungkiri rasa perihnya (halah! bahasa guee). udah 3 tahun terakhir ini aku nggak ketemu ama barang satu ini, jadi wajar donk kalo akhirnya aku nangis waktu disuntik?

yang lucu ntu Abdahu, adek terakhirku. waktu akku mulai nangis, dia dengan sok jagoan megangin tangan kananku sambil ngomong ‘ sabar nenk, nggak sakit kok!’, taunya waktu ntu jarum mulai nusuk, dia langsung ngacir sembunyi dibelakang pintu. dasar!

setelah disuntik bius lokal ntu, mulutku langsung rasanya aneh, kayak kesemutan gimana gitu. maklum, pertamakalinya cabut gigi. 10 menit berlalu nungguin bius biar bisa bekerja dengan baik, aku dipanggil lagi ke ruang periksa dan langsung aja dicabut. oke, nggak langsung gitu aja juga, tapi disuruh duduk, baca doa, bac tahlil, baca yasin. oke, aku tau kalian tau mana bagian saat aku bohong dan beneran.

disaat-saat menentukan buat masa depan gigiku itu, si dokter gigi masih aja sempet ngerjain aku. waktu masih dalam pengaruh bius, aku cuman ngerasa ada yang nyabut, tapi nggak ngerasa perih dan sakitnya. nah, karena itu juga, si dokter gigi waktu nyabut bilang ‘belum mbak.. belum mbakk’ terus-terusan, otomatin aku juga mangap sambil meringis-meringis nggak jelas gitu, taunya waktu gigiku udah digenggamannya si dokter masih aja ngomong ‘beluummm mbakk’. tapi akhirnya aku curiga dan melekin mata. sial! gue dikerjain!

setelah itu, nggak ada masalah, cuman saat aku maem kebab yang harusnya uenakkk jadi hambar gara-gara lidahku yang mati rasa. walhasil, antara maem kebab ama tanah kayak nggak ada bedanya, baunya doank yang beda.

One Response to “Cabut Gigi Sayaa!!!”

  1. Unknown says:

    selamat malam kak,
    kebetulan lg searching bahaya gigi berlubang dan tumbuh daging didalamnya.
    aku takut bgt kak cabut gigi, apalagi siap disuntik, selain pedih, fokus mata ku juga berubah kak, selain tu aku pusing, dan dokter itu menunggu setengah jam buat nenangin aku kak, abis tu baru di cabut kak..
    aku trauma kak, padahal mau cabut gigi nih kak yang berlubang ni, terus tumbuh pula daging didalam, gigini udah lama bgt kak berlubang:'(

Your Reply