Nilai Kuliah Semester 3: MAKAN TUH NILAEE!!!


.

mahasiswa itu kalo ditanyain 'buat apa kuliah' pasti punya banyak alternatif jawaban, mulai dari 'mencari ilmu itu ibadah', 'cari ijazah', 'taat ama ortu', sampek jawaban paling bego 'biar pernah ngerasain mikir beneran'. dan entahlah, kenapa saia harus punya jawaban yang paling bego itu.
tapi itu dulu, (ralat: 2 hari yang lalu, nggak dulu bangett). jujur akkku bukan termasuk orang yang cuman matok ama 1 jawaban alesan doank. kadang (terlebih waktu lagi pulang ke Jombang) jawabanku adalah 'nyenengin ortu', kadang juga (waktu liat lowongan kerja) jawaban bakalan ganti 'buat cari ijazah', tapi kadang (kalo lagi kelaperan) jawabannya bakalan lebih bego lagi, 'biar bisa makan di kantin FMIPA tanpa merasa jadi orang asing'.
diluar masalah tujuan kuliah, ada tujuan sampingan dari salah satu kegiatan kuliah, yaitu Ujian. saat ujian, banyak orang bilang 'ujian itu buat mengevaluasi kemampuan dalam memahami materi 16kali tatap muka ini', dan yang paling sering bilang kayak gitu adalah para dosen yang berusaha ngasih wisdom, quote, kata mutiara, ato apalah itu namanya biar para mahasiswa mau aja dilarang contekan waktu ujian. tapi ndak tau kenapa ya, akku ngerasa kalo hal itu kok bullshit banget. Ayolah kalian para mahasiswa, jujur deh, apa yang kalian cari, NILAI kan? Yakk,.. ketahuan deh.
Nah, itu dia yang mau aku omongin. Ngomong-ngomong masalah nilai, dulu akku ndak terlallu peduli ama huruf yang bakalan keluar di Sistem Akademik (SIAKAD) kampus, sampek akhirnya aku frustasi sendiri ama hasil kerjaku yang kalo dalam bentuk dolar masih belum bisa buat makan sehari. Bayangin aja, udah ngerasa bisa dan PD gitu, taunya soal-soal yang keluar bikin nilaiku pakek  huruf awal namaku. Buseett! Yang salah aku, dosen, apa petugas SIAKAD?
Saat itu akhirnya aku memutuskan buat nyalahin diri sendiri setelah liat lembar jawabanku yang penuh coretan merah alias emang salah, bisa dibayangin kan dropnya gimana? Sebelum masuk ruang ujian udah PD banget, taunya liat lembar soal bikin aku ngabisin setengah durasi waktu ujian buat pura-pura mikir. MLONGO!
Untungnya kejadian diatas itu waktu semester 1. Untuk semester 2, kejadian di atas masih terjadi walo ndak parah-parah banget.

Kembali ke masalah ujian dan nilai. Jujur saia sebagai mahasiswa normal yang bego saat ujian bener-bener pingin cari nilai yang bagus, minimal saat aku dapet transkip waktu yudisium nanti bisa bikin bangga orang tuaku. Namun ternyata, inilah yang terjadi:


Note: saat aku upload KHS ini, nilai Gerak n Perubahan dan Interaksi Antar Faktor-Fisik belum dientri di SIAKAD, dan akhirnya saia dapet nilai "A" untukk mata kuliah Gerak dan Perubahan, dan "C" untuk Interaksi Antar Faktor Fisik.
Note (lagi): IP semester 3 saia akhirnya jadi 2, 87 setelah dihitung ulang karena masuknya nilai GnP dan IAFF.
(lagi) Note (lagi): NILAI INI MAU SAIA TAMBAH SAMBEL DAN NASIII!!!

Your Reply