Hp Sayang yang Malang..


.

28 Februari 2010

Dari sebelum balik ke Surabaya, perasaanku udah nggak enak. Kayak bakalan ada yang aneh yang bakal bikin sejarah gitu. Tapi mau gimana lagi? Kembali ke perantauan adalah hal yang harus dilakukan sekarang.
Bener aja, nyampek Cukir (tempat biasanya aku nyetop bis) disana nggak ada satu helaipun bis umum yang nyelonong, yang ada malah bis pariwisata dari tempat makamnya Gus Dur yang bejibun banget, nyelonong sana-sini. Akhirnya dari pada mateng nungguin bis nyelonong (bisa sampek besok kaleee), aku mutusin buat naek angkot menuju pasar Jombang, soalnya disitu banyak banget bis-bis nyelonong di jalan.

Waktu naek angkot, ada seorang ibu-ibu dengan heboh menghentikan angkot yang aku naikin sambil bilang
“pak, terno ibu iki nang pasar Jombang, mesisan engkok ndekno bis seng ape nang Suroboyo. Ibu iki nyasar, apene nang Suroboyo malah numpak bis kediri. Tolong yo pak” (butuh diartiin? Arinya = pak, anterin ibu ini ke pasar Jombang ya, sekalian nanti cariin bis yang mau ke Surabaya. Ibu ini nyasar, maunya ke Surabaya tapi malah naek bis jurusan Kediri. Tolong ya pak)

Langsung aja au tawarin ibu-ibu tadi buat bareng aku. Si ibu yang tadinya gemetaran nggak jelas jadi sedikit bisa senyum gethooo… jadi terharu.

Nyampek pasar Jombang, aku ngebuka Pesbuk pakek Hp dengan santai tanpa takut bakalan ada yang minta kenalan. Siang tadi rasanya neraka ntu bocor trus asepnya nyelonong ke Bumi, alias Jombang panas abis!!! Gara-gara gerah, nafsu buat ngelanjutin surfing di Pesbuk jadi ilang trus masukin Hp gitu aja di dalem saku rok yang aku pakek.

Dari jauh, aku ngeliat bis yang ada tulisannya SURABAYA. Cihuy, nggak pakek nunggu lama, aku langsung aja nyelonong masuk. Waktu aku mau naek bis, ada bapak-bapak kayak nyerobot gitu, mana badannya kagak kecil lagi. Aku yang ngerasa cewek (dan harus didahulukan) nggak mau ngalah gitu aja ama bapak yang satu ne, tapi neh bapak juga kayaknya nggak menunjukkan tanda-tanda bakalan ngalah. Akhirnya dengan kesadaran sebagai warga negara Indonesia Yang Baik dan Benar menurut Ejaan Yang Telah Disempurnakan, aku ngalah and ngasih bapak misterius ini jalan yang lebih lapang buat gerak, maksudku naek bis. Ternyata eh ternyata, neh bapak masih dengan semangat persatuan dan kesatuannya masih aja ndusel-ndusel nggak jelas gitu. Saking hebohnya ntuh bapak, warga yang sudah duduk tenang di bis pada teriak-teriak nyuruh hati-hati. Nggak tau kenapa, nggak lama ntuh bapak akhirnya naek juga. Tau tuh, kenapa nggak dari tadi aja coba?

Tapi kurang ajarnya ntuh bapak, abis nyelonong masuk, eh, nyelonong keluar lagi, seakan-akan melupakan perjuangannya untuk masuk. Mangkelin kan?

Nyampek bis, mataku langsung nyapu isi bis yang kursinya udah pada penuh. Alamat neh bakalan berdiri. Tapi aku nggak langsung nyelonong gitu aja, aku masih nyari ibu-ibu yang tadi aku tawarin buat bareng. Taunya si ibu udah masuk bis dengan santai. kLO gini kan seenggaknya aku bisa sedikit tenang.
Nyadar kalo kayaknya nggak bakalan ada yang nawarin tempat duduk, aku berdiri dengan tampang memelas, seakan meminta belas kasihan para penumpang laen yang Gentle mau nawarin tempat duduk. Ternyata aku juga harus sadar kalo aku nggak ada bakat teater, nggak ada satupun yang noleh, apalagi untuk nawarin tempat duduk. Yang ada malah reeaksi macem-macem yang nggak kalah anehnya ama aku. Ada yang pura-pura smsan, ada yang pura-pura liadh ke arah jendela, dan yang paling norak adalah pura-pura tidur. Dasar! Padahal kebanyakan yang berdiri ntu cewek dan kebanyakan yang duduk ntu cewek. Huh type cowok kebanyakan tuh!

Aku ngeluarin tandukku tanda nggak setuju ama apa yang para cowok perbuat. Tapi tiba-tiba aku nyadarin sesuatu. Kenapa rasanya ada yang salah ama saku rokku ya? Kok rasanya enteng gini? Aku langsung spontan ngerogoh-rogoh saku rok dengan panik dan heboh dan kudapati saku rok yang mulus tanpa tonjolan.
Alamakkkk…

HPKU RAIB!
Ulangi sekali lagi! HAPEKU RAIB BIN ILANG!
Holaaa… santai bos, Dita kan udah sering heboh nggak ketulungan tapi hasilnya akunya aja yang lupa narok. Aku obrak abrik tas, saku, dan semua milikku yang bisa aku obrak-abrik bua ngeyakinin kalo hapeku ntu sebenarnya masih ada. Tapi ternyata kali ini aku sedang nggak pikun. AKU BENER-BENER KEHILANGAN HAPEKU!

Anggak tau dech waktu ntu mukaku jadi kayak apa, yang jelas semua masalah mulai dari ulangan besok ampek para cowok tipe kebanyakan neh jadi ilang, yang ada tinggal perasaan bingung bakalan bilang model kayak apa ke BoNyok. Dan juga semua nomer temen-temen disitu semua. MODARRRRR!!!
Ntah dapet wangsit dari mana, langsung aja kepikiran buat nelpon nomerku yang di bawa copet ntu pakek Hp ku yang satunya yang masih selamat sejahtera sampai tujuan. Eh ternyata ntu maling tekniknya pinter juga. Nomerku udah nggak aktif. Kereeeennnn….

Dan sekarang, aku harus menerima Hp pertamaku yang dulu. Nostalgia ditu ceritanya. Tapi aku masih untung Bunda nggak senewen gara-gara ini.

Your Reply