Sarjana Photo Copy


.

26 Februari 2010

“buruan foto copy gih… biar bisa punya buku ajarnya”
“Kamu yang beli bukunya, aku yang foto kopi, gimana? Irit kan?”
Oalaaa…
Ini nih salah satu percakapan para calon Sarjana Photo Copy, gelar yang paling gampang, nggak perlu banyak keluar bujet. Gimana nggak? Buku yang cuman 200-an halaman aja harganya bisa nyampek 50rb, bahkan bisa lebih, padahal yang keren cuman penerbit ma penulisnya.
Nggak salah dech kalo misalnya usaha foto copy sekarang lumayan menguntungkan, apalagi diwilayah sekitar kampus gitu. 6 kios fotokopi bisa hidup berdampingan, bertetangga dan rukun satu sama laen.
Tapi emang nggak dipungkirin lagi dah, yang namanya minjem buku trus di fotokopi ntu udah jadi sesuatu yang BIASA.. ayo, ucapkan, BIASA! Be-I-A-eS-A, BIASA! Buku yang harganya bisa nyampek 65rb, kalo difoto kopi plus di jilid rapi, harganya bisa dibanting ampek 10rb-an, bahkan bisa nggak sampek segitu.
Pengalaman pribadi nih, cerita ini murni terjadi walau ada banyak sekali pemakaian majas Hiperbola di sana sini situ.
Jadi gini ceritanya. Waktu semester satu dulu, aku paling mumet muter mubeng megap-megap merem melek kalo udah ketemu ama yang namanya Matematika Sains, hoaaaahhh… rasanya lebih mending disuruh nyuci cuciannya orang sekampung dech. Nah, karena 7M tadi (Mumet, Muter, Mubeng, Megap-megap, Merem Melek), aku jadi nggak sempet nyatet, soalnya sibuk ma usaha masukin cucian-cucian angka ntu ke dalem otakku yang lemotnya setengah hidup, selain itu juga aku bingung mau nulis mulai dari mana neh?
Ampek akhirnya ntuh dosen ngasih tau kalo dalam waktu dekat bakalan ada UTS, kalang kabut dech neh pikiran, mana yang namanya rak ingatan jangka panjang pada ngacir gitu aja lagi. Ternyata aku nggak sendirian, dari satu kelas yang jumlahnya 38 ekor anak, sekitar 20 anak lebih ikutan merem melek plus megap-megap. Hehehe.. senasip booo’…
Usut punya usut, nggak tau dech siapa yang mulai punya usul duluan, tiba-tiba aja ada anak yang teriak di depan kelas, berusaha nenangin temen-temen yang ikutanpada ribut nyolong nafas.
“WHOY TEMEN-TEMEN” aje gile ntuh suaranye, satu kelas langsung pada diem, yang awalnya megap-megap langsung mingkem, yang awalnya merem melek langsung anteng, yang awalnya berusaha nyolong nafas langsung dapet pinjaman. Tapi aku yang ada di pojok ruangan langsung buka internet and nyari informasi dokter THT terdekat, bener-bener gile nih suara.
“barusan aku dapet informasi, UTSnya hari Rabu besok..” lanjutnya yang akhirnya berhasil bikin yang megap-megap jadi langsung kaya kena penyakit ayan, yang merem melek langsung hampir juling, yang tadinya udah dapet pinjaman nafas sekarang ntu nafas kayak kabur lagi. Aku? Aku langsung lemas dan mengizinkan para tulang-tulangku untuk cuti sejenak.
Tau apa yang langsung aku lakukan saat masa cuti tulangku udah habis dan kesadaranku kembali pulih? Aku langsung membuka buku catatan materiku dan kudapati sebuah buku baru yang masih halus sehalus sutra yang habis direndam air aki.
GILA!!!
Kalo kayak gene gimana bisa belajar ntar? UTSnya kan kurang 3 hari lagi! Rasanya kali ini aku dapet penyakit komplikasi, megap-megap, merem-melek, dan berusaha nyari utangan nafas.
Berpikir.. berpikir… berpikir… ayo Dita, cari jalan keluarnya, bukan anak Imudh namanya kalo nggak pinter nyari jalan keluar (hohohohohohohoo…). Ayo.. berpikir… gunakan otakmu Dita, jangan pakek dengkul mulu…
CRINK…
Ada lampu kecil yang muncul diatas kepalaku, tapi belum nyala. Apa-apaan seh neh? Masak program pemadaman bergilir PLN ikut nyerang lampu ideku? Ups, ternyata emang blom  aku nyalain.
CLONG…
Walaupun backsoundnya nggak mendukung, tapi akhirnya lampu ideku nyala juga.
Aku langsung berdiri dengan kepalan tangan yang menunjukkan tekad besarku untuk memajukan negara persatuan Republik Indonesia. Upz, maksudku tekad yang kuat untuk melaksanakan ide baruku sebagai jalan keluar di kesempatan yang sempit ini. Jreng… jreng… jreng..
Aku berjalan dengan keyakinan penuh menuju dua orang temanku yang terkenal paling rajin di kelas. Dengan keberanian yang menggila segila orangnya, ku beraanikan diri mengajukan beberapa kata,
“guys, minjem catetan kalian dunk, catetan kalian kan paling lengkap dan rapi, aku mau foto kopi nih, catetanku banyak yang bolong tuh…” haiya… akhirnya terucap juga.
Kedua temanku tadi tersenyum kecil sambil memberikan buku catatannya padaku. Seingatku, saat itu aku berbicara dengan sound stereo yang sudah paling minimal volumenya, tapi entah suaraku yang terlalu keras atau telinga temen-temenku yang pada tajem, tiba-tiba ada yang teriak,
“Dit, keterlaluan deh loe!” mampus! Habis ini pasti aku bakalan jadi kambing guling yang pas banget buat disantap siang-siang gini, mana pada laper semua lagi. Denger komentar mereka, aku cuman bisa cengar-cengir nggak karuan.
“keterlaluan loe neh, masak mau foto kopi sendirian? Gue nitip juga donk!” lanjutnya masih dengan penuh semangat.
TOENG… TOENG…
Hahahahahahaaa…. Kalian tau kelajutannya? Mereka semua pada minta nitip foto kopi buku catetan. Senasip dah! Langsung dech, saat itu juga, aku menunjuk seorang temanku untuk menjadi bendahara alias nyatetin nama plus ngelola duit anak yang pada mau nitip foto kopi  trus langsung berangkat dengan senyum merekah
Tuh kan.. bener kan apa kataku? Sarjana foto kopi ntu sarjana yang nggak sulit buat diraih! Setuju?

Your Reply